Tidak ada yang mendadak seperti tahu bulat

    Setelah mencoba mengikuti 14 hari tantangan menulis ini, ternyata menjadi blogger itu tidak mudah ya bun. Saya termasuk salah satu yang bener-bener nol banget dan awam untuk masalah blogger. Membuat postingan, judul postingan, judul label, atau apapun itu saya sebenarnya tidak menguasai ehehehe. Saya beranikan diri mengikuti tantangan ini karena ada satu tema yang saya suka dan saya bisa menuliskan itu. Setelah menyelesaikan satu tema kok saya merasa ketagihan menuliskan tema yang lain akhirnya saya mencoba mencari tahu dan mencoba mengerahkan pikiran saya untuk digunakan lagi agar bisa menuliskan artikel-artikel sesuai tema yang di tentukan. Alhamdulillah, meskipun jauh dari kata sempurna saya cukup puas karena ternyata saya menemukan tempat saya mencurahkan apa yang ada di benak dan pikiran saya selama ini heheheh. Yahh jadi curhat dong. 

    Sepengetahuan saya, jika menjadi penulis atau memiliki kemampuan menulis artikel di blog, lalu situsnya ramai, traffic nya bagus maka akan ada ads nya dan dapat uang. Memang cukup menarik ya kalau membicarakan terkait uang, apalagi emak-emak seperti saya. Tapi untuk meraih ads kita harus bersusah payah dulu, tidak instan. Kita harus belajar menjadi blogger profesional dulu, menjadi penulis yang memiliki kosakata yang ratusan, dan mampu menguasai blog atau situs lainnya. Wah banyak yang perlu dipersiapkan ya. Sebelum menjadi blogger profesional kita akan menjadi blogger pemula terlebih dahulu. Bagaimana ya caranya emnajdi blogger pemula ?. Baik, sebenarnya disini saya hanya ingin menejelaskan bagaimana saya mengawali dalam menjadi blogger. hehehe. Mungkin pengalaman saya bisa dijadikan suatu yang bisa di gunakan oleh bunda-bunda sekalian.

    Saya memulai menjadi blogger hanya karena ingin menuangkan ide, gagasan, pikiran dalam sebuah tulisan. Karena saya type orang yang tidak pandai mengungkapkan kata-kata melalui pembicaraan. Kalau orang jawa menyebutnya belibet nek ngomong. Suatu hari saya melihat Instagram stories teman saya, ia membagikan Feed nya Blogspedia. Langsung saya cek, mata saya tertuju pada satu tema yang saya inginkan, Surat untuk sahabat. Saya menuliskan semua isi hati saya kepada sahabat saya, sahabat saya tak lain adalah suami saya sendiri hehe. Karena sudah lama ingin mengungkapkan itu akhirnya saya menulis surat dengan embel-embel ikutan lomba 14 hari blogspedia. Suami saya senyum-senyum saat tahu isi suratnya hehehe. Terkadang meksipun sudah suami istri masih suka malu-malu mengungkapkan nya. 

    Setelah tulisan selesai, saya posting dan dalam benak saya merasa kok lega ya setelah menulis dari situ saya mencoba menyelesaikan tema-tema yang lain. Seperti tertantang gitu rasanya. Ternyata saya merasakan hal yang sama disetiap tulisan yang saya posting, yaitu rasa lega. Meskipun jika dibandingkan dengan teman-teman blogger lainnya, tulisan saya yang paling mbuletisasi tapi tidak apa-apa karena saya memang membutuhkan suatu kebiasaan suatu habbit baru yang membuat diri saya senang. Karena sebelumnya saya tidak pernah sepercaya diri ini hehehe. 

    Untuk menjadi blogger pemula seperti saya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Mari kita coba kupas satu persatu ya..

1. Ketertarikan
    Memiliki ketertarikan dalam belajar. Mungkin terdengar klasik ya, tapi kita harus tertarik dulu dengan belajar blogger dan segala perintilannya. Untuk mencapai blogger proffesional tentu kita akan banyak menemukan celah pada diri kita, menemukan kekurangan pada setiap tulisan kita. Sehingga mengundang kritik dan saran dari pembaca. Maka tertarik untuk belajar merupakan kunci untuk berbenah sehingga kita bisa melewati berbagai anak tangga yang harus ditempuh oleh blogger pemula. 

2. Niat
    Seperti yang bunda-bunda tahu, saya niatnya karena ingin menulis kata romantis berkedok ikut lomba heheehe yang berakhir saya benar-benar ingin tetap menulis dan menciptakan habbit baru dihidup saya. Niat nya jangan karena mencari uang ya bun, boleh kok meniatkan mencari uang tapi kita harus mau berproses juga di setiap anak tangga blogger pemula. Disini diperlukan niat yang kuat. Niat ingin meningkatkan kualitas diri, ingin membuka wawasan diri, ingin menebar manfaat untuk orang lain. Tentu saja melalui tulisan-tulisan kita. Niat yang kuat merupakan pondasi yang kuat untuk tetap melanjutkan proses ke tahap berikut-berikutnya. 

3. Komitmen
    Setiap orang memiliki kesibukan masing-masing. Tetapi jika memiliki komitmen yang tinggi akan tetap menjalankan tugasnya, menjalankan sesuai tanggungjawabnya. Brekomitmen itu pilihan bun. Komitmen mencari bahan, Komitmen mencari ide, Komitmen menyelesaikan tulisan dna lain sebagainya.

4. Memulai
    Lakukan dulu, mulai dulu, melangkah dulu, nulis dulu. Meskipun kalian bukan penulis ahli. Kalau hanya berangan-angan kapan tulisan itu bisa dibaca banyak orang. Percaya saja pada diri sendiri kalau kalian itu bisa. kalian hebat. Kalian mampu.

Jadi itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger pemula, semoga bunda-bunda semua bisa menjadi blogger proffesional Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tetel Ketan, si putih pelengkap hantaran manten

Kumpulan ide bisnis kreatif, unik dan minim modal

Dengarkan wanita dengan Hatimu